PENYERAHAN RAPOR PESERTA DIDIK DAN ACARA PARENTING

Sabtu, 25 Juni 2022 – Semester Genap tahun ajaran 2021/2022 telah sampailah di pengujung waktunya, Sabtu 25 Juni 2022. Momen yang dinanti selama setahun penuh oleh para peserta didik, guru, dan wali murid, yakni penyampaian hasil dari perjuangan seluruh peserta didik SMPN 3 Banyuwangi dalam menempuh pembelajaran selama setahun ke belakang. Pada kegiatan tersebut, sekolah tidak hanya melaporkan hasil belajar belaka, melainkan juga menyelenggarakan kegiatan “Parenting” sebagai bentuk kepedulian sekolah agar dapat saling bekerja sama dengan wali murid dalam mendidik para generasi penerus bangsa. Tak lupa panitia mengingatkan para tamu undangan menjaga agar protokol kesehatan tetap terpatuhi.

 

 

Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi dua sesi yakni sesi pertama untuk kelas VII, dan sesi kedua untuk kelas VIII. Sesi pertama untuk wali murid kelas VII dimulai pukul 07.00 sampai dengan 08.30 dimana satu jam awal digunakan sebagai kegiatan parenting dan dilanjutkan tiga puluh menit berikutnya untuk menyerahkan rapor hasil belajar peserta didik kepada wali murid oleh wali kelas masing-masing. Demikian halnya sesi kedua dilaksanakan 30 menit setelah sesi pertama usai, yakni pukul 09.00 sampai dengan 10.30. Serupa dengan sesi pertama, satu jam awal adalah kegiatan parenting yang diawali dengan sambutan oleh Kepala Sekolah, Bapak Holilik, S.Pd. yang sekaligus memaparkan beberapa informasi tentang sekolah, dan dilanjutkan sambutan oleh Ketua Komite SMP Negeri 3 Banyuwangi, mengingat ini adalah momen pertama kalinya diadakan pertemuan seluruh wali murid. Kemudian, dilanjutkan dengan acara Parenting, dimana Ibu Dwi Hindarti Lasmisari, S.Pd sebagai perwakilan dewan guru memberikan materi dengan tema “Orang Tua sebagai Sahabat Calon Pemimpin Masa Depan”. Parenting ini berisi penjelasan bagaimana pentingnya sikap orang tua dalam menghadapi putra-putrinya yang sedang fase pubertas sehingga bisa menjalin komunikasi yang baik dan dapat membantu mereka dalam membentuk karakter. Selanjutnya, acara dialihkan ke kelas masing-masing, dimana wali murid menerima Raport sebagai bentuk laporan sekolah terhadap perkembangan pendidikan putra-putrinya yang diserahkan oleh wali kelas.

 

 

Menutup akhir tahun ajaran dan menyambut tahun ajaran baru yang akan datang, peserta didik mendapat jadwal liburan mulai tanggal 27 Juni – 16 Juli 2022, dan kembali masuk sekolah di tahun ajaran baru 2022/2023 pada hari Senin, 18 Juli 2022. Apapun hasil yang diperoleh, masa depan para generasi penerus masihlah sangat panjang. Kegiatan parenting dan penyerahan rapor hasil belajar usai dilaksanakan dengan harapan besar agar dapat bermanfaat demi semakin berkembangnya motivasi belajar peserta didik, sekaligus mengembangkan karakter peserta didik untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi keluarga, masyarakat, bangsa serta negaranya.

Kontak

Link Terkait

Berita Terbaru

KARNAVAL KEBANGSAAN

(Senin, 15 Agustus 2022) Tahun ini semarak hari ulang tahun Republik Indonesia nampak meriah kembali. Salah satu perayaan yang rutin