MPLS Peserta Didik Baru Tahun 2022/2023

(Senin, 18 Juli 2022)

 

Kegiatan MPLS peserta didik baru tahun 2022/2023 SMP Negeri 3 Banyuwangi baru saja ditutup hari Sabtu, 16 Juli 2022 kemarin. MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan rangkaian kegiatan untuk para peserta didik baru kelas 7 yang bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah baik fisik mapun kegiatan di dalamnya. Dengan kegiatan ini diharap peserta didik baru dapat semakin siap menempun pendidikan di sekolah yang baru dan memiliki motivasi yang kuat untuk mengenyam pendidikan. Selain itu diharapkan juga dalam kegiatan MPLS peserta didik baru dapat lebih mengenal potensi diri dan menghargai keragaman orang-orang di sekitarnya.

Rangkaian kegiatan ini dimulai denga acara Pra MPLS selama 2 hari yaitu hari Selasa dan Rabu, 12-13 Juli 2022. Dalam kegiatan Pra MPLS ini peserta didik dibagi menjadi 7 kelompok besar dengan pemberian nama unik yaitu nama-nama situs Ijen Geopark, antara lain Watu Dodol, Pantai Pancur, Air Terjun Lider Kulon, Savana Sadengan, Teluk Pang-Pang, Situs Kawitan, dan Gua Butho. Setelah pembagian kelompok peserta didik baru membersihkan kelas dan lingkungan sekitar yang ditempati. Di hari kedua, peserta didik berfokus untuk latihan upacara pembukaan serta menyiapkan yel-yel yang menarik untuk mengobarkan semangat dan melatih kekompakan.

Dalam kegiatan MPLS yang dilaksanakan selama 3 hari, yaitu Kamis-Sabtu, 14-16 Juli 2022 peserta didik baru dibekali beberapa materi seperti; Cara Belajar Efektif, Wawasan Wiyata Mandala, Pendidikan Karakter, Kegiatan Kesiswaan Intra dan Ekstrakurikuler, dan Pengenalan Budaya Lokal. Materi ini diberikan oleh Bapak/Ibu Wali Kelas dan Guru lainnya. Khusus untuk materi Pengenalan Budaya Lokal diisi oleh Duta Geopark untuk mengenalakan penerapan Ijen Geopark di SMP Negeri 3 Banyuwangi.

Kontak

Link Terkait

Berita Terbaru

KARNAVAL KEBANGSAAN

(Senin, 15 Agustus 2022) Tahun ini semarak hari ulang tahun Republik Indonesia nampak meriah kembali. Salah satu perayaan yang rutin