INOVASI WATERPARK INKLUSIF “AKU HEBAT, AKU BISA”

(Selasa, 19 Juli 2022)

 

WATERPARK INKLUSIF merupakan salah satu inovasi layanan pendidikan tentang Geopark bagi seluruh siswa, baik siswa reguler, siswa dengan cerdas dan bakat istimewa dan PDBK tanpa adanya diskriminasi. Inovasi ini merupakan pengembangan inovasi Waterpark yang sudah masuk dalam Pergub No. 59 Tahun 2021.

 

Inovasi Waterpark mulai dilaksanakan di SMP Negeri 3 Banyuwangi sejak Januari 2022 dengan dibentuknya Duta Geopark yang terdiri dari siswa yang memiliki bakat dan minat serta cakap dalam berkegiatan. Banyak hal yang telah dilaksanakan oleh Duta Geopark untuk mengembangkan Inovasi Waterpark SMP Negeri 3 Banyuwangi, antara lain membuat Geopark Corner, mengembangkan spot-spot yang mencerminkan budaya dan kekayaan Banyuwangi, seperti Miniatur Rumah Using, Rumah Kreatif (Batik Lukis), budidaya di Taman Agro Sekolah dan kegiatan-kegiatan lain untuk menghasilkan produk Geopark (Minuman Inovasi Tradisional Cau Gaba, Aloecum, Pot Koran Bekas, Batik, dsb).

 

Seiring pengembangan Inovasi, SMP Negeri 3 Banyuwangi yang merupakan Sekolah Ramah Anak juga melibatkan para siswa cerdas dan bakat istimewa serta PDBK (Peserta Didik Berkebutuhan Khusus) dalam berbagai kegiatan Waterpark, sehingga Inovasi ini melakukan rebranding dengan mengusung Inovasi Waterpark Inklusif. Para siswa cerdas dan bakat istimewa serta PDBK dilibatkan dalam kegiatan membuat produk-produk khas yang berhubungan dengan Geopark dan mengikutsertakan mereka sebagai Duta Waterpark Inklusif. Dengan partisipasi semua kalangan siswa membuat Inovasi Waterpark Inklusif ini menjadi Inovasi yang ramah anak serta serta memberi kebermanfaatan untuk seluruh siswa dan masyarakat secara umum.

Kontak

Link Terkait

Berita Terbaru

KARNAVAL KEBANGSAAN

(Senin, 15 Agustus 2022) Tahun ini semarak hari ulang tahun Republik Indonesia nampak meriah kembali. Salah satu perayaan yang rutin